tarihimiz.net

Berita Terbaru Seputar Pendidikan

Kenali-Perbedaan-Antara-SNMPTN-dan-SBMPTN

Berita Terbaru – Masih bingung dengan istilah SNMPTN dan SBMPTN? Sebagai siswa sekolah menengah, sangat penting bagi Anda untuk memahami istilah dan perbedaannya. Khusus untuk siswa kelas 12 yang akan segera lulus dan ingin memilih perguruan tinggi favoritnya. Keduanya merupakan jalur seleksi yang dilakukan seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) secara bersamaan dengan proses seleksi yang terpusat. Perlu Anda pahami perbedaan kedua jalur tersebut dalam menyusun strategi melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri. Berikut perbedaan SNMPTN, UTBK dan SBMPTN yang perlu Anda pahami.

1. Arti Singkatan

SNMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru ini diperkenalkan pada tahun 2008. Banyak yang mengatakan bahwa SNMPTN merupakan jalur undangan masuk perguruan tinggi negeri. Sedangkan SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Meski hanya ada satu perbedaan kata, yakni “nasional” dan “bersama”, proses pemilihannya sangat berbeda, lho. Jadi, untuk mendaftar SBMPTN, Anda perlu mengikuti Ujian Menulis Berbasis Komputer (UTBK). Skor UTBK merupakan syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN.

2. Waktu Seleksi SNMPTN dan SBMPTN

Kedua jalur seleksi tersebut dilakukan pada waktu yang berbeda. Biasanya untuk jalur SNMPTN proses seleksi berlangsung sekitar Januari-Februari, sedangkan untuk jalur UTBK SBMPTN berlangsung sekitar Mei-Juni. Jadi, jika Anda kurang beruntung bisa melewati jalur SNMPTN, Anda masih memiliki kesempatan untuk bertarung di SBMPTN. Sedangkan bagi Anda yang sudah lulus SNMPTN tentunya tidak perlu lagi mengikuti jalur UTBK SBMPTN.

3. Proses Seleksi SNMPTN dan SBMPTN

Proses seleksi berbeda untuk setiap jalur. Jalur SNMPTN akan mengukur kemampuan akademik Anda melalui nilai rapor Anda dalam 5 semester terakhir. Selain itu juga akan mempertimbangkan nilai UN, prestasi akademik, jejak alumni, hingga tingkat akreditasi sekolah. Meski terlihat banyak persiapan, Anda tidak perlu mengikuti ujian tertulis jika mengikuti jalur ini.

Sedangkan pada jalur UTBK SBMPTN tidak perlu mempersiapkan hal-hal tersebut karena proses seleksi dilakukan melalui ujian tertulis. Ada 2 ujian tertulis yang harus Anda lalui pada Jalur SBMPTN, yaitu Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Potensi Gramedia (TPS). Dalam waktu hanya 1 hari saja kedua ujian tertulis itu dilaksanakan. Namun bagi kamu yang memilih jurusan seni atau olah raga pastikan untuk melengkapi portfolio sesuai jurusan yang dituju.

4. Biaya Pendaftaran SNMPTN dan UTBK SBMPTN

Biaya yang diperlukan untuk mengikuti SNMPTN tidak dipungut biaya. Jadi, Anda tidak perlu membayar apapun. Berbeda dengan SBMPTN UTBK, jika mengikuti jalur ini maka Anda perlu merogoh kocek sedikit yaitu Rp 200.000,00 untuk rombongan IPA dan IPS, sekitar Rp 300.000,00 untuk kelompok Campuran. Pembayaran juga harus dilakukan ke bank yang telah ditentukan sebelum hari ujian. Jika tidak, Anda tidak bisa mendapatkan kartu peserta tes Anda.

5. Siapa yang diizinkan untuk mengikuti?

Pada dasarnya, siswa kelas 12 SMA / SMK / MA dapat mengikuti dua jalur tersebut. Namun jalur SNMPTN hanya berlaku untuk siswa yang sudah duduk di kelas 12 atau akan lulus pada tahun penyelenggaraan jalur SNMPTN. Misal untuk tahun 2021 mendatang hanya mahasiswa yang akan lulus tahun 2021 yang dapat mengikuti jalur SNMPTN ini. Berbeda dengan SNMPTN, jalur SBMPTN UTBK dapat dilakukan oleh siswa kelas 12 dan alumni paling lama 3 tahun setelah lulus. Jadi, saingan kalian di UTBK SBMPTN pasti lebih banyak dari SNMPTN, karena kalian boleh bertemu alumni di lokasi ujian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *