tarihimiz.net

Berita Terbaru Seputar Pendidikan

10-Tips-Jitu-Untuk-Melakukan-Pemasaran-Ekspor-Internasional

www.jasaimportmurah.com – Kali ini kami akan membahas tips untuk melakukan pemasaran ekspor. Bukan menjadi rahasia lagi bahwa pemasaran ekspor ini menjadi celah yang sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Apalagi didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini. Semuanya bisa diakses hanya menggunakan smartphone dan akses internet. Fungsi utama dari pemasaran ekspor ini yaitu untuk menyediakan  atau menjual beberapa barang dan jasa kepada negara asing. Untuk lebih mudahnya kami berikan 10 tips melakukan pemasaran ekspor yang diuraikan dibawah ini.

1. Mempersiapkan Kerjasama

Tahap paling awal dalam menjalankan hal ini adalah persiapan diri. Mengapa? Karena nantinya anda akan berhubungan dengan berbagai negara lain dan orang asing lainnya. Pertama pastikan anda memiliki persiapan untuk menjalin komunikasi dengan menguasai bahasa internasional seperti bahasa inggris. Selain itu beberapa dokumen pendukung untuk menjalankan bisnis tersebut juga harus dipersiapkan secara matang dan teliti.

2. Buat Produk Terbaik

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah memilih produk yang ingin Anda ekspor ke luar negeri sesuai dengan jenis dan kebutuhan dalam negeri, benar atau tidak. Dan usahakan agar produk yang Anda pilih memenuhi standar dan memiliki kualitas yang baik, sehingga bisa diterima dari berbagai negara.

3. Menjamin Peraturan Pemasaran Bisnis Ekspor

Tahapan selanjutnya adalah memahami berbagai aturan dan kebijakan yang diterapkan pemerintah terkait kegiatan ekspor, sehingga dapat dijalankan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Karena setiap negara memiliki aturan yang berbeda-beda dan akan membantu Anda mengatasi berbagai kendala saat melakukan kegiatan ekspor.

4. Tujuan Ekspor Produk ke Berbagai Negara

Menentukan berbagai negara merupakan tujuan ekspor yang tepat, agar produk Anda berkembang dan menguntungkan di pasar. Sasaran ini sangat penting untuk memastikan bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

5. Coba Daftar Situs Bisnis Ekspor

Setelah produk didistribusikan ke berbagai negara saat ini, usahakan untuk mendaftarkan bisnis Anda di situs bisnis internasional, agar bisnis Anda dapat dilihat oleh banyak orang dari berbagai negara. Selain mendapatkan calon pelanggan, situs bisnis internasional akan membantu Anda bekerja dengan pebisnis lain dari seluruh dunia.

6. Legalitas Usaha Ekspor

Setelah Anda mempersiapkan negara tujuan dan lain sebagainya, coba daftarkan legalitas usaha Anda melalui ketentuan seperti SIUP, TDP, NPWP, NIK (Nomor Induk Kepabeanan), dan lain sebagainya. Penggunaan dokumen legalitas sebagai proses administrasi bisnis antar negara. Bagi Anda yang belum mengetahui NIK (Nomor Identitas Kepabeanan) bisa mendapatkan Direktur Jenderal Bea dan Cukai. Namun, jika Anda seorang pemula yang belum memiliki NIK, Anda dapat menggunakan layanan undername atau meminjam NIK perusahaan lain. Jadi Anda tidak harus berurusan langsung dengan bea cukai.

7. Lengkapi Dokumen Bisnis Ekspor

Beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan oleh eksportir adalah invoice, packing list, dan bill of lading. Untuk beberapa dokumen pendukung juga perlu Anda persiapkan seperti surat keterangan asal yang dapat diperoleh di dinas perdagangan dan perindustrian di tingkat kabupaten atau kota, dan surat keterangan analisis yang bisa diperoleh seperti produk makanan, minuman atau perawatan kulit. .

8. Cerdas dalam menggunakan fasilitas

Pemerintah di Indonesia tetap memberikan fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para eksportir khususnya pemula. Seperti direktorat pengembangan ekspor nasional yang sudah memiliki perwakilan perdagangan di lima benua, bisa dilihat di djpen.kemendag.go.id.

9. Manfaatkan Media Sosial

Pada tahap ini untuk memudahkan mencari informasi, Anda dapat menggunakan alternatif lain dengan memanfaatkan jaringan seperti Linked In, Twitter, Instagram, dan Facebook untuk mendapatkan respon terkait informasi yang dibutuhkan. Sehingga komunikasi bisa melalui pesan langsung di masing-masing media sosial tersebut, dan Anda bisa terhubung langsung dengan institusi atau orang yang dituju dengan menuliskan kata kunci untuk nama yang ingin Anda cari. Internet juga memudahkan Anda untuk memulai bisnis ekspor. Anda dapat mencari pasar melalui media sosial seperti Linked In, mengirim penawaran melalui email, dan sebagainya.

10. Coba Software Akuntansi Dengan Fitur Multi Mata Uang

Setelah Anda menjual dan mendistribusikan produk. coba gunakan software akuntansi yang memiliki fitur multi currency. Dengan menjalankan bisnis ekspor ini, Anda akan bersentuhan dengan banyak pihak. Sehingga beberapa pemasok dan pelanggan besar Anda adalah orang-orang di luar negeri yang memiliki mata uang yang berbeda dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *